Mengenal Lebih Dekat Tentang Kesehatan Mental

Demak, 17 Agustus 2021- Seperti halnya kesehatan fisik, kesehatan mental juga tidak boleh diremehkan. Jika kesehatan mental terganggu, kondisi fisik dan kualitas hidup juga bisa menurun. Akhir-akhir ini isu terkait kesehatan mental (Mental Health) ramai diperbincangkan, terutama setelah adanya pandemi COVID-19. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kesehatan mental, mari simak ulasan berikut ini.

Sehat secara mental adalah keadaan ketika individu merasa sejahtera, baik secara psikologis, emosional, ataupun secara sosial. Kesehatan mental berpengaruh terhadap cara berpikir seseorang, cara merasa, cara bertindak, pengambilan keputusan, juga bagaimana seseorang menangani stres dan berinteraksi dengan orang lain. Orang dengan kesehatan mental yang baik akan beraktivitas secara produktif dan menggunakan potensi yang dimilikinya dengan maksimal. Mereka juga akan mampu berpikir secara positif dan jernih ketika dihadapkan dengan berbagai persoalan. 

Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang, mulai dari faktor keturunan, trauma masa lalu, pelecehan seksual atau pelecehan fisik, gaya hidup yang tidak sehat, hingga cedera pada otak. Selain itu, berada pada situasi pandemi, seperti pandemi COVID-19 sekarang ini, juga bisa membuat orang lebih rentan mengalami penyakit mental seperti meningkatnya rasa kecemasan dan depresi.

Cara untuk menjaga kesehatan mental yaitu dengan cara: 

  • Jangan stress: menemukan cara terbaik mengelola stres untuk diri sendiri, misalnya menulis buku harian, berjalan-jalan, dan berbincang dengan orang lain.
  • Terapkan pola hidup yang sehat: mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.
  • Memiliki hubungan yang positif: usahakan untuk selalu melihat sisi positif dari suatu masalah dan memelihara hubungan yang baik dengan orang lain.
  • Mengenali dan mencintai diri: mensyukuri segala yang hal dimiliki agar dapat menerima dan mencintai diri sendiri, melakukan hal-hal yang membuat bahagia, dan memperlakukan diri sendiri seperti memperlakukan orang lain yang disayangi.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan