KKN PPM UGM Dilakukan Secara Daring, BAPPEDA DEMAK: “Semoga Dapat Memberi Inovasi Dalam Rangka Pembangunan Desa”

Demak, 8 Juli 2021 – Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia mengakibatkan adanya pembatasan kegiatan masyarakat yang dapat memicu perkumpulan orang. Oleh karena itu, Program KKN PPM UGM Periode 2 Tahun 2021 dilakukan secara full daring hal tersebut bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan masyarakat. Upacara penerimaan KKN PPM UGM di Kabupaten Demak dilakukan melalui platform Zoom dan mendapat sambutan yang baik dari pemerintah Demak. Acara tersebut dibuka oleh Koordinator wilayah Jawa Tengah C, Bapak Syarif Hidayatullah, M.Ag., MA selaku perwakilan UGM. Kemudian disambut perwakilan Bappeda Kabupaten Demak, Bapak Ali Akhmadi, SKM, M. Kes, dilanjutkan sesi pemaparan program kerja Tim KKN Muara Guntur dan Karangtengah.

Acara penerimaan dihadiri juga oleh Camat dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kecamatan Karangtengah dan Guntur, perwakilan dari lima desa sasaran KKN yaitu Desa Wonowoso, Dukun, Rejosari, Tlogoweru, dan Bogosari, serta mahasiswa peserta KKN Kecamatan Karangtengah dan Kecamatan Guntur.

KKN PPM UGM Karangtengah membawakan tema yaitu “Optimalisasi Pengelolaan Usaha Mikro dan Peningkatan Kesehatan yang Berkelanjutan dalam Menunjang Pengembangan  Desa Wisata di kecamatan Karangtengah, Kabupaten Demak, Provinsi Jawa tengah”. Tema yang tersebut diharapkan dapat direalisasikan melalui program kerja yang dilakukan oleh para peserta KKN dan memberikan dampak manfaat.

“Harapan kami tanpa mengurangi makna dari KKN itu sendiri bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, baik dari adik-adik mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat di kampus bisa diterapkan di masyarakat dengan pemberdayaan masyarakat. Demikian juga untuk lima desa bisa menerima manfaat, serta memanfaatkan apa-apa yang sudah didapatkan oleh adik-adik mahasiswa dibawah bimbingan DPL, masyarakat dapat belajar terhadap hal-hal utamanya inovasi-inovasi, hal-hal yang baru dalam rangka pembangunan di desa” ujar Bapak Ali selaku perwakilan Bappeda Kabupaten Demak.

Program kerja Tim KKN Karangtengah berjumlah 119 program, yang terdiri dari sektor unggulan diantaranya yaitu sektor teknologi, informasi, dan komunikasi, sektor pariwisata dan ekonomi, dan sektor pembangunan desa.

Di penghujung acara penerimaan DPL Unit Karangtengah,  Dr. Agr. Cahyo Wulandari, S.P., M.P menyampaikan pesan dan harapan agar program yang akan dilaksanakan dapat dirasakan sesuai objek yang dituju dan meninggalan jejak kebaikan yang akan bermanfaat dikemudian waktu “bagaimana objek dari masyarakat yang kita tuju bisa merasakan apa yang kita buat, jangan sampai program yang dibuat temen-temen mahasiswa hanya dinikmati oleh teman-teman. Hasil dari program seperti poster, video, booklet, leaflet dan lain sebagainya bisa dicantumkan terutama di website desa. Kami ingin jejak-jejak pengabdian kami masih bisa ditilik kembali di kemudian waktu” ujar Bu Wulan sebagai penutup.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan